Cara Facial Sendiri di Rumah, Praktis Banget!!!

melakukan facial di rumah

Cara facial di rumah. Hari ini kita ngobrol tentang cara perawatan kulit yuk? Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik alami memang butuh pengorbanan. Ya korban waktu, korban uang, ya kadang juga korban perasaan. Hehehe jangan dong ya. Begitu banyak hal yang harus dilakukan oleh Anda demi mewujudkan impian untuk memiliki kulit yang cantik.

Bagi yang secara materiil sudah tercukupi bahkan berkelimpahan, Anda bisa memilih perawatan wajah apapun di klinik-klinik kecantikan ternama dan terpercaya mana saja yang sudah jelas tak beresiko, tapi ya itu, harga menyesuaikan. Hehe,,

Apesnya, saat ini banyak klinik kecantikan eng-ing-eng yang menawarkan servis bintang lima harga simpang lima dengan hasil yang (katanya) luar biasa. Terjamin amankah? Kalau itu sih belum tahu karena saya tidak pernah mencoba dan sama sekali tidak tertarik untuk mencoba.

Well, selain butuh biaya yang bisa dibilang tidak sedikit, Anda juga butuh waktu yang tidak sebentar untuk menjalani seri perawatan wajah itu. Ada langkah-langkah dari A-Z yang harus ditamatkan. Panjang banget ya dari A sampai Z.

Tapi tenang, kabar baiknya bagi Anda yang super sibuk dan tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke klinik kecantikan, bisa kok melakukan facial sendiri biar lebih praktis. Selain itu juga hitung-hitung berhemat kan. Hehehe tetep ya harus berhemat.

Saya pribadi lebih memilih untuk melakukan facial di rumah karena beberapa alasan. Alasan pertama, beberapa tahun silam saya pernah punya pengalaman buruk (suram banget deh) ketika melakukan perawatan facial di salon. 

Jerawat saya waktu itu lagi baru matang dan dipencet paksa oleh sang terapist salon. Rasanya itu sakiiitt perih sampai ke hati. #eh Lah si mbak mencet jerawatnya penuh rasa dendam gitu. #halah Setelah itu baru tahun depannya berani facial di salon lagi. Huh facial macam apa itu. 

Alasan kedua, saya tidak yakin dengan kehigienisan produk dan alat yang dipakai di salon-salon dan klinik kecantikan. Juga kehigienisan tangan mbak-mbak salon yang pegang-pegang muka saya. Karena iya, facialnya cuma sebatas facial harga mahasiswa gitu. Hehehe…

Akhirnya saya mulai telaten melakukan facial di rumah untuk kulit berjerawat saya dan hasilnya juga bagus. Malahan lebih terjamin segala-gala-galanya. Mulai dari kehigienisan alat sampai produk yang digunakan semuanya bersih dan berkualitas. 


Cara Melakukan Facial di Rumah

Cara facial wajah sendiri yang benar bagaimana??? Pasti pada penasaran ingin tahu segera kan. Yuk langsung diintips saja cara facial sendiri ala saya. Spesial buat Anda seorang, ini dia tata cara facial wajah di rumah DIY yang praktis dan hasilnya bagus:

1. Bersihkan wajah
Langkah pertama adalah membersihkan wajah Anda secara menyeluruh. Caranya bisa dibaca di sini ya teman-teman. Ketik saja Cara Membersihkan Wajah yang Baik dan Benar di kolom pencarian sana.

Facial wajah harus diawali dengan membersihkan bagian yang hendak dirawat tersebut dengan benar. Langkah demi langkah wajib dilakukan dengan baik agar hasilnya tidak mengecewakan nantinya. Langsung saja siapkan produk pembersih wajah favorit Anda.

2. Scrubbing/Peeling/Exfoliating
Langkah kedua adalah pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk menggunakan cream peeling favorit Anda. Saya sendiri sudah cocok pakai peeling Mundisari dari Mustika Ratu. Butiran peelingnya halus dan lembut untuk kulit.

Baca juga:
Review Peeling Mundisari Mustika Ratu

Anda bisa memakai produk peeling dari merk lain yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu Anda juga bisa lho meracik sendiri peeling home made ala-ala di rumah. Lain kali akan saya bagikan resep peeling DIY itu di sini. Okay?

Baca di sini:
Cara Meracik Cream Peeling Wajah DIY

3. Facial Steam
Selanjutnya saya sarankan Anda untuk tidak melewatkan proses facial steaming atau penguapan wajah. Proses ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah agar lebih mudah untuk dibersihkan. Caranya sangat sederhana dan bisa dibaca di sini.

4. Berburu Komedo
Proses facial steaming sudah selesai. Pori-pori wajah pun terbuka lebar dan komedo siap untuk diekstraksi. Komedo di wajah terdiri dari 2 macam. Pertama adalah komedo putih. Kedua namanya komedo hitam. 

Keduanya disebabkan oleh kotoran dan sel kulit mati yang terperangkap di lubang pori Anda. Jika komedo dibiarkan saja maka kulit Anda akan tampak semakin kusam.

Baca juga:
Cara Tepat Menuntaskan Komedo dengan Putih Telur

Yuk bersihkan komedo dulu sebelum lanjut ke langkah berikutnya? Caranya, pakai alat bantu berupa jarum (semacam jarum) untuk memudahkan ekstraksi. Jika tak ada, pakai tangan pun jadi. Namun pastikan tanganmu sudah 100% higienis.

Jarum untuk mengangkat komedo ini biasanya disebut pinset komedo. Jika Anda membutuhkannya, benda kecil ini bisa dibeli secara online di berbagai situs e-commerce. 

5. Masker
Next, tinggal aplikasikan masker wajah favorit Anda. Masker di sini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan makanan kulit Anda. Fakta menunjukkan bahwa kulit manusia juga butuh makan. Untuk memenuhi kebutuhan makanannya, selalu pakai masker secara teratur.

Anda dapat memilih masker sesuai preferensi. Asalkan masker wajah tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda. Saya sendiri lebih suka masker alami semacam putih telur, tomat, atau pisang. Untuk masker pabrikan saya biasa pakai Masker Bengkoang Mustika Ratu. Tapi bisa juga menggunakan masker DIY.

Baca juga:
Membuat Masker Pemutih Wajah Alami DIY
Masker Pemutih Alami dari Bahan Dapur

Aplikasikan masker menggunakan kuas khusus ataupun pakai tangan Anda juga bisa. Kemudian tunggu sampai masker mengering dengan sendirinya. Jangan dikipasi ya!

Kalau Anda memiliki masalah kulit berjerawat maka bisa mencoba masker ini:
Masker Pengusir Jerawat & Noda Hitam di Wajah

6. Es Batu
Setelah masker mengering, bersihkan dengan air bersih bersuhu normal sampai tuntas. Penting untuk memastikan tidak ada lagi masker yang masih tersisa di wajah. Walau hanya sedikit juga tidak boleh. 

Jika sudah, sekarang kompres wajah Anda menggunakan es batu. Manfaat kompres wajah dengan es batu adalah untuk menutup dan mengencangkan pori-pori. Hasilnya adalah wajah yang tampak lebih mulus seperti artis drakor. #eeaaa

7. Serum Wajah
Wajah sudah terasa sangat segar dan nyaman. Sekarang waktunya untuk mengaplikasikan serum khusus wajah favorit Anda saat kondisi kulit masih lembab. Fungsi serum adalah untuk menutrisi kulit wajah sampai ke lapisan terdalam. 

Serum memiliki partikel yang lebih kecil daripada krim ataupun losion kulit. Serum memiliki kekuatan untuk menembus epidermis kulit. Dengan serum, nutrisi bukan hanya berhenti di lapisan epidermis kulit. So, serum akan membuat kulit jauh lebih ternutrisi.

8. Cream wajah
Sudah pakai serum bukan berarti tidak harus mengoleskan krim wajah lagi lho guys. Setelah serum meresap seluruhnya, aplikasikan juga cream/gel wajah favorit Anda. Usapkan secara merata dan pastikan meresap dengan sempurna. Selesai deh!

Nah, bagaimana cara facial wajah sendiri ala saya guys? Pastinya mudah, praktis, dan murah meriah juga bukan? Semuanya bisa dikerjakan di rumah saja sambil bersantai nonton televisi atau relaksasi di taman belakang rumah. 

Dan jangan tanyakan hasilnya nanti seperti apa. Dijamin wajah menjadi jauh lebih bersih, cerah, dan cantik alami. Semua itu akan menjadi milik Anda. Wajib banget untuk dicoba!

Baca juga:
Jenis Facial Wajah Sesuai Jenis Kulit

Thanks for reading. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Punya pertanyaan atau saran terkait tulisan ini? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Komen yuk?! Xoxo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Facial Sendiri di Rumah, Praktis Banget!!!"